Selasa, 14 Juli 2015

Kenalan dengan PHP yuk


Apa itu php ?
PHP atau yang memiliki kepanjangan PHP Hypertext Preprocessor merupakan suatu bahasa pemrograman yang difungsikan untuk membangun suatu website dinamis. PHP menyatu dengan kode HTML, maksudnya adalah beda kondisi. HTML diguanakan sebagai pembangun atau pondasi dari kerangka layout Web, sedangkan PHP difungsikan sebagai prosesnya sehingga adanya PHP tersebut, sebuah web akan sangat mudah di-maintenance.
Sejarah PHP ?
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Jika dilihat dari versi pertamanya bahwa PHP terdiri dari sekumpulan script PERL yang digunakan untuk mengolah data form dari web. Kemungkinan bahwa PHP merupakan singkatan dari Perl Hypertext Processor. Pada awalnya PHP bernama FI (Form Interpreted). Setelah Rasmus melepaskan kode sumbernya, maka terbentuklah nama PHP/FI (Personal Home Page/ Form Interpreter). Sejak itulah PHP bersifat open source.
Pada bulan November 1997, PHP/FI versi 2.0 berhasil diriis. Pada rilis ini intrepreter sudah diimplementasikan dalam bahasa C. Masih pada tahun yang sama sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang intepreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Pada bulan Juni 1998 Zend kembali merilis intepreter baru untuk PHP dan meresmikan nama rilis tersebut menjadi PHP 3.0. Kemudian pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis kembali intepreter PHP baru dengn nama PHP 4.0. PHP 4.0 merupakan versi PHP yang paling populer di kalangan programer web. Alasan yang paling menjadikan PHP 4.0 ini begitu banyak diminati adalah kemampuannya untuk membangun aplikasi web yang kompleks, namun tetap stabil dalam keepatan proses dan stabilitas yang tinggi Mulai pada bulan Juni 2004, PHP 5.0 kembali dirilis oleh Zend. Versi ini adalah versi mutakhir dari PHP. Pada versi ini juga dikenalkan model pemrograman berorientasi objek baru untuk menjawab perkembangn bahasa pemrograman ke arah pemrograman berorientasi objek.
Kelebihan PHP ?
Ada beberapa alasan yang menjadi dasar pertimbangan mengapa kita menggunakan PHP :
  1. PHP mudah dipelajari.
  2. PHP dapat berjalan pada web server yang dirilis oleh Microsoft, seperti IIS, atau PWS juga pada apache yang bersifat open source
  3. Karena sifatnya yang open source, maka perubahan dan perkembangn  intepreter pada PHP lebih cepat dan mudah, karena banyak milis – milis dan developer yang siap membantu pengembangnnya
  4. Jika dilihat dari segi pemasaran, PHP memiliki referensi yang begitu banyak sehingga sangat mudah untuk dipahami.
  5. PHP mampu lintas platform, artinya PHP dapat/mudah diaplikasikan ke berbagai platform OS dan hampir semua browser juga mendukung PHP.

Jadi, apakah anda sudah berkenalan dengan PHP?
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar