Rabu, 16 September 2015

Cara Mengetahui Tipe Mainboard dan Spesifikasi Hardware Komputer dan Laptop

Cara Mengetahui Tipe Mainboard dan Spesifikasi Hardware  Komputer dan Laptop. Mengapa kita perlu tahu spesifikasi hardware dari komputer, itu tergantung dari tujuan pengguna masing - masing. Ada yang sekedar ingin tahu secara detail tentang komputernya sehingga bisa menentukan kemampuan yang dimiliki komputer tersebut saat beroperasi dan ada juga untuk mecari infomasi tertentu tentang hardware dengan tujuan untuk mendapatkan drivernya. Tidak salah lagi memang dalam topik ini kita butuh tahu begaimana cara melihat tipe dari mainboard yang berada dalam komputer tanpa membuka casing CPU. Disini saya mempunyai dua cara pertama menggunakan fasilitas dari windows, kedua menggunakan sebuah software yang bernama CPU Z. Baiklah perhatikan cara dibawah ini.

Melihat tipe mainboard dengan fitur bawaan windows :
1. Tekan "Tombol Windows + R" (jika tidak tahu tombol windows seperti apa, bisa dengan melihat gambar bendera pada tombol yang ada pada keyboard).
2. Kemudian akan muncul sebuah kotak yang mengharuskan kita untuk mengisi alamat tertentu. Ketik "dxdiag" dan tekan "Enter".
3. Maka kita akan melihat berbagai macam merek yang ada dalam CPU, untuk menentukan tipe mainboard bisa dilihat pada kotak warna merah.

4. Jadi tipe mainboard yang ditunjuk adalah ECS G31T-M9
5. Sedangkan untuk melihat spesifikasi lainya seperti Memory Ram, Memory Vga, Operating System, Vendor Processor dll bisa dilihat disana (Jendela DirectX Diagnostic Tool).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar