Selasa, 26 Januari 2016

Konfigurasi Cepat TP-Link TL-WA7210N

Konfigurasi Cepat TP-Link TL-WA7210N Wireless Access Point

Assalamualaikum Wr Wb,
tak bosan bosannya saya hadir lagi ni gan, kesempatan kali ini saya akan membahas tentang "Konfigurasi Cepat TP-Link TL-WA7210N Wireless Access Point". Tapi sebelumnya kita membuat jaringan TP-LINK sebelumnya kita lihat dulu pembahasan tersebut.

TP-LINK adalah penyedia untuk produk jaringan dan pemegang pangsa pasar No.1 di China, dengan produk yang tersedia di lebih dari 100 negara dengan puluhan juta pelanggan. TP-LINK secara berkesinambungan menyediakan produk jaringan yang memenangkan penghargaan dalam Wireless, ADSL, Router, Switch, IP Camera, Adaptor Powerline, Print Server, Media Converter dan Adaptor Jaringan untuk pengguna di seluruh dunia.

Jenis-jenis wireless network
  • Wireless LAN, (WIFI dengan standar IEEE 802.11)
  • Wireless MAN, (WIMAX dengan standar IEEE 802.16)
  • Wireless WAN
  • Jaringan Cellular, (1G, 2G, 2.5G, 3G, 3.5G, 4G)
4 Standarlisasi untuk WIFI
  • 802.11a: Ini adalah standar satu-satunya yang menggunakan rentang frekuensi (5 GHz). Karena frekuensinya yang tinggi, sinyal-sinyal dari produk 802.11a umumnya tidak sejauh yang dijangkau oleh sinyal dari perangkat yang menggunakan standar lain.
  • 802.11b: Ini adalah standar jaringan nirkabel pertama yang banyak digunakan di rumah-rumah dan bisnis. Standar ini sekarang telah digantikan oleh 802.11g.
  • 802.11g: Ini adalah standar yang paling banyak digunakan saat ini. Ini mirip dengan 802.11b tetapi merupakan versi perbaikan dengan kecepatan yang jauh lebih besar yaitu sampai dengan 54 Mbps. Produk standar 802.11g kompatibel dengan 802.11b, sehingga Anda dapat mencampur dua perangkat dalam jaringan nirkabel yang sama. Berbeda dengan standar 802.11a yang tidak kompatibel dengan kedua standar ini dan bahkan tidak menggunakan frekuensi yang sama. 
  • 802.11n: Sebuah standar yang kompatibel dengan 802.11b dan produk g. tarif data standar ini yaitu sampai 540 Mbps, yang sepuluh kali lebih cepat dari standar yang ada. Selain itu, produk ini akan memiliki jangkauan lebih lama dengan menggunakan teknologi smart-antena yang kuat, disebut Multiple Input Multiple Output (MIMO).
  Peralatan yang dibutuhkan 
  • Kabel Pigtail 
         Kabel Pigtail atau kabel jumper dan konektor : Kabel penghubung AP ke Antena Eksternal. Alat ini diperlukan untuk menghubungkan antara antena eksternal dengan access point. Pada kedua ujung kabel terdapat konektor dimana type konektor disesuaikan dengan konektor yang melekat pada access point. Kebanyakan Pigtail di pasaran adalah : RP- SMA to N-Type Male dan RP-TNC to N- Type Male. 


  • Antena Eksternal
        Antena Eksternal : digunakan untuk meningkatkan jarak jangkau wireless LAN. Antena bawaan AP dilepas kemudian dengan pigtail, RF out AP dihubungkan ke Antena eksternal. Meskipun ketika membeli access point sudah dilengkapi antena omni, namun belum cukup, karena hanya berkekuatan sekitar 3-5dB. Untuk memperluas area jangkauannya, di perlukan antena Omni eksternal, yang rata-rata berkekuatan 15dB. Antena Omni ini memiliki pancaran atau radiasi 360 derajat, jadi dapat menjangkau client dari arah mana saja.


  • POE (Power Over Ethernet)
          POE (Power Over Ethernet) : Agar kabel listrik tetap menyala saat access point diaktifkan maka diperlukan alat yang dinamakan POE, POE ini fungsinya mengalirkan listrik melalui kabel ethernet atau kabel UTP/STP.


  • Kabel UTP/STP 
          Kabel UTP/STP : diperlukan untuk menghubungkan antara access point dengan jaringan kabel pada LAN lokal, bisa ditancapkan ke komputer Gateway/Router atau ke Hub/Switch. Pilih kabel UTP/STP yang berkualitas guna meningkatkan kualitas arus listrik yang dilewatkan melalui POE.


Setting AP

nah tadi itu pembahasannya mungkin terlalu banyak ya gan, sekarang langsung saja. 

Langkah-Langkah Konfigurasi

pastikan access point dalam keadaan menyala, dan pastikan juga access point jangan terhubung dengan akses internet dahulu.
sebelum melakakukan konfigurasi, tekan tombol reset sampai lampu indikator pada access point menyala semua kemudian mati lagi. keterangan : melukan reset mudah kok cuman menggunakan pulpen pada lubang reset pada access point, dan melakukan reset tak menunggu waktu yang lama cuman sebentar saja.
jika sudah selesai melakukan reset pada access point, maka siap untuk dikonfigurasi
Koneksika pada laptop dengan access point


Kemudian mengatur IP4, kemudian isikan IP adress, sesuaikan dengan IP bawaan router(dari pabrik), karena untuk terkoneksi dengan router, komputer atau laptop harus satu jaringan dengan router sendiri.


 jika sudah mengganti IP Address, kemudian buka browser laptop atau PC anda, ketik alamat"192.168.0.254"


muncul tampilan "Connet to 192.168.0.254", masukkan ID dan Password (default id:admin, pw:admin)

Masukkan settingan di AP, centang "i gree to thee terms of use", klik login muncul tampilan Quick Setup => next

Pilih mode (Pilihan Access Point)

  • AP Client Router – Wireless terhubung ke WISP stasiun/hotspot untuk berbagi Internet untuk lokal nirkabel dan jaringan kabel (sebagai AP pada umumnya, buat Internetan).
  • AP Router – Kabel terhubung ke Modem ADSL / kabel melalui port WAN dan berbagi Internet untuk lokal nirkabel dan jaringan kabel (kayak diatas cuman disini bukan untuk menghubungkan jaringan local tapi untuk WAN).
  • Access Point – Transform jaringan kabel yang ada ke jaringan wireless (ini yang biasa dipakai di di cafe free wifi spot).
  • Multi-SSID – Buat beberapa jaringan nirkabel untuk menyediakan keamanan dan kelompok VLAN yang berbeda.
  • Repeater(Range Extender) – Memperluas jangkauan nirkabel Anda yang ada dengan menyampaikan sinyal wireless.
  • Bridge with AP – Penghubung dua jaringan lokal melalui koneksi nirkabel.
  • Client – Bertindak sebagai “Adapter Wireless” untuk menghubungkan perangkat kabel (misalnya Xbox / PS3) ke jaringan nirkabel.

kemudian akan melakukan setting Wireless Network Nama (SSID), Region, Transmission power, Wireless Security Mode, Wireless Password. Kemudian klik next setelah kita isi di dalam "Quick Setup - Wireless"

Pada langkah ini kita akan membuat nama pada SSID kita yaitu dengan memberikan nama agus kemudian klik next


Untuk mendapatkan IP Address ada dua pilihan, tetapi kita akan menggunakan secara otomatis dengan cara pilih enable.

Langkah yang terakhir adalah melihat hasil konfigurasi yang telah kita buat, apakah ingin menyimpan atau ingin kembali mengatur nya, apabila suah selesai maka kita klik rebbot.
Maka selesai, dan kita coba konekkan dengan cara klik icon wifi yang telah dibuat tadi dan masukkan password sesuai dengan yang kita buat.
Selamat Mencoba dan semoga berhasilllll .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar