Kamis, 28 Januari 2016

Alat dan Bahan Wajan Bolic

Sistem kerjanya hampir sama dengan antena Parabola pada umumnya yaitu menempatkan bagian sensitif antena pada titik fokus parabola (wajan) sehingga semua gelombang elektromagnet yang mengenai wajan akan terkumpul dan diterima oleh bagian sensitif tersebut atau biasa disebut dengan titik fokus. Jenis antena bisa dibilang sederhana namun hasilnya memuaskan, disamping itu proses pembuatan antena wajan bolic ini tidak membutuhkan banyak biaya. Apalagi bahan mudah didapatkan disekitar kita.

Cara Membuat Wajan Bolic untuk penguat sinyal modem 3G
Antena Wajan Bolic
Persiapkan alat dan bahan
Alat  merakit Antena
1. Bor listrik
2. Obeng
3. Gergaji besi
4. Pisau /cutter
5. Penggaris , dll

Bahan-bahan :
1. Wajan yang berbentuk parabolic
2. Pipa paralon minimal 3”
3. Dop pipa minimal 3” 2 buah
4. Aluminium foil
5. Mur/ baut
6  Bracket (kedudukan untuk tiang antena)
8. Kabel USB extender


Cara Merakitnya
Sebelum merakit kita hitung dulu kebutuhan paralon, Diameter dan kedalaman wajan agar hasilnya lebih memuaskan. Selanjutnya kita hitung Feedernya menggunakan rumus dibawah ini. 
F= D^2/(16*d)
Keterangan :
F= Feeder
D= Diameter Wajan
d= Kedalaman Wajan
Jika bingung dengan rumusnya anda bisa juga menggunakan aplikasi untuk mencari feeder dengan klik link dibawah ini
Kalkulator Antena Wajan Bolic

Langkah- Langkah membuat
Bor bagian tengah Wajan
Bor juga bagian tengah Dop Pipa

Potong pegangan wajan

Pasang Wajan dan Dop dengan cara dibaut
Selanjutnya adalah Memotong Pipa Paralon (PVC) sesuai dengan panjang yang sudah ditentukan dengan kalkulator wajan bolic, kemudian lapisi alumunium foil dibagian luarnya sampai batas feeder.  
Dop pipa yang satunya lagi sebagai penutup dengan di lapisi alumunium foil di bagian dalamnya, serta jika dibutuhkan gunakan dop kecil ditengahnya sebagai pengait modem nantinya, yang artinya boleh dikasi atau tidak.
Jika proses diatas sudah selesai selanjutnya adalah memasangkannya.

Supaya hasilnya lebih menarik alangkah baiknya jika wajan bolic diberi warna terlebih dahulu.

Setelah itu tinggal memasang modem ke antena, seperti gambar dibawah ini.
baca link berikut


  
yang terakhir adalah tinggal memasang bracketnya, sebenarnya untuk bracket terserah anda saja, yang penting wajan bolic bisa nempel di tiang antena atau dimana saja, asalkan dapat signal HSPA yang memuaskan. Mohon maaf jika ada beberapa gambar di ambil dari situs/ web lain, namun proses perakitannya tidak jauh berbeda. (gambar dari search engine google).

Jika proses pembuatan diatas sudah berhasil anda tinggal mengembangkannya untuk model-model yang lain misalnya menggunakan sistem induksi.


Semoga sedikit artikel ini bisa membantu, dan bisa dipraktekkan sendiri dirumah. Yang terpenting adalah selalu berusaha dan pantang menyerah.Contoh hasil yang sudah saya buat.
Sebagai catatan, saya bukanlah seorang ahli dibidangnya namun tetap berusaha untuk mencoba dan berkarya. Perlu diingat juga bahwa untuk perhitungannya sebaiknya gunakan kalkulator wajan bolic yang sudah di sebutkan linknya diatas. Selain itu dicoba-coba sendiri dengan mengubah posisi modem digeser kedepan atau agak kedalam sambiil melihat kualitas signal. Selamat Mencoba dan semoga sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar