Senin, 11 Januari 2016

PENGEMBANGAN KOMPETENSI KARYAWAN GUNA MENINGKATKAN KINERJA 

tenaga-kerja-powerrecruit
Peranan manusia sebagai karyawan dalam suatu perusahaan dalam hal ini pabrik gula sangatlah penting. Seiring tuntutan teknologi dan persaingan dunia usaha, maka kompetensi karyawan dalam perusahaan harus dapat dioptimalkan melalui pelatihan dan pengembangan karyawan yang berbasis kompetensi. Hal ini memberikan dampak yang positif ketika karyawan yang kompeten mampu membawa keberhasilan pribadinya pada peningkatan kinerja perusahaan. Karyawan akan bekerja secara optimal jika perusahaan dapat mendukung kemajuan karir mereka dengan melihat apa sebenarnya kompetensi mereka. Pengembangan kompetensi akan mempertinggi produktivitas karyawan sehingga kualitas kerja pun lebih tinggi pula, yang akan berdampak pada peningkatan kinerja perusahaan.
Pengembangan kompetensi karyawan dilakukan agar dapat memberikan hasil sesuai dengan tujuan dan sasaran perusahaan dengan standar kinerja yang telah ditetapkan. Kompetensi yang dimiliki seorang karyawan secara individual harus dapat mendukung pelaksanaan visi misi perusahaan melalui kinerja strategis perusahaan tersebut. Oleh karena itu kinerja individu dalam perusahaan merupakan jalan dalam meningkatkan poduktivitas perusahaan itu sendiri.
Karyawan adalah kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki individu, perilaku dan sifatnya ditentukan oleh keturunan dan lingkungannya, sedangkan prestasi kerjanya dimotivasi oleh keinginan untuk memenuhi kepuasannya. Karyawan merupakan aset dalam segala aspek pengelolaan terutama yang menyangkut eksistensi organiasi. karyawan lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu perusahaan.
Berdasarkan hal di atas, maka karyawan memegang nilai yang sangat penting dalam manajemen perusahaan. Meskipun teknologi banyak dilibatkan dalam roda perusahaan, namun tetap saja perusahaan memerlukan karyawan sebagai daya penggerak dari sumber daya lainnya yang dimiliki oleh perusahaan dalam bentuk apapun.
Kompeten adalah keterampilan yang diperlukan seseorang yang ditunjukkan oleh kemampuannya yang konsisten memberikan tingkat kinerja yang tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan spesifik. Fokus pada keterampilan yang dibutuhkan untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Keterampilan-keterampilan ini adalah kompetensi dan mencerminkan kemampuan potensial untuk melakukan sesuatu.
Kompetensi adalah sesuatu yang ditunjukkan seseorang dalam pekerjaan yang ditekuni sehari-hari. Fokusnya adalah pada perilaku di tempat kerja, bukan sifat-sifat kepribadian atau keterampilan dasar yang ada di luar tempat kerja.
Pelatihan dan pengembangan kompetensi dapat didefinisikan sebagai usaha yang terencana dari perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan karyawan. Pelatihan dan pengembangan merupakan dua konsep yang sama, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan. Tetapi apabila dilihat dari sasarannya, pelatihan lebih ditekankan pada peningkatan kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang spesifik pada saat ini, dan pengembangan lebih ditekankan pada peningkatan pengetahuan untuk melakukan pekerjaan pada masa yang akan datang, yang dilakukan melalui pendekatan yang terintegrasi dengan kegiatan lain untuk mengubah perilaku kerja.
Terdapat beberapa keuntungan dengan dilakukannya pelatihan dan pengembangan bagi karyawan yang pada akhirnya akan membawa keuntungan bagi perusahaan diantaranya :
• Mendorong pencapaian pengembangan diri karyawan
• Meningkatkan kepuasan kerja dan prestasi kerja
• Membantu karyawan dalam menangani konflik dan ketegangan.
• Menggerakkan karyawan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan
• Menjadi jalan untuk perbaikan keterampilan dalam bersosialisasi dan berkomunikasi.
• Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berkembang dan memiliki pandangan tentang masa depan kariernya.
• Membantu menghilangkan ketakutan dalam mencoba hal-hal baru dalam pekerjaan
Berdasarkan hal-hal di atas maka pelatihan dan pengembangan karyawan memberikan dampak yang baik terhadap kinerja karyawan tersebut sebagai individu. Hal ini jelas akan membawa peningkatan terhadap kinerja perusahaan apabila pelatihan dan pengembangan karyawan dilakukan secara terencana dan berkesinambungan. Pengembangan karyawan dirasakan sangat penting karena tuntutan pekerjaan yang sangat kompleks akibat kemajuan teknologi dan kompetisi diantara berbagai perusahaan, sangat membutuhkan pengembangan karyawan yang baik.
Beberapa tujuan dari pengembangan karyawan diantaranya :
o Meningkatkan produktivitas kerja
o Meningkatkan karier karyawan
o Mengurangi tingkat kecelakaan karyawan
o Meningkatkan kecakapan manajerial karyawan
o Menjaga moral karyawan yang baik
o Meningkatkan efisiensi tenaga, waktu, bahan baku, dan mengurangi ausnya mesin-mesin
o Meningkatkan pelayanan yang lebih baik dari karyawan untuk konsumen perusahaan dan atau perusahaan
Kinerja perusahaan diperoleh dari pengelolaan berbagai tujuan, sasaran dan pengembangan karyawan di dalamnya dalam rangka mencapai tujuan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Peran pimpinan dalam hal ini sangat dominan. Sejauh mana pimpinan menghendaki karyawan perusahaannya berkembang maka pimpinan tersebut memiliki kewenangan dalam mewujudkan pengembangan karyawan melalui berbagai kegiatan pengembangan dan pelatihan sesuai dengan masing-masing kompetensi yang dimiliki karyawannya.
Berbagai upaya pengembangan karyawan hendaknya didukung oleh beberapa faktor diantaranya:
Terdapat seleksi karyawan yang baik untuk benar-benar menciptakan karyawan yang berkualitas
Menyediakan sarana, prasarana dan teknologi yang sesuai untuk pengembangan karyawan
Merancang keselarasan antara kebutuhan perusahaan dan kemampuan karyawan
Komitmen yang tinggi dari setiap elemen perusahaan untuk melakukan pengembangan karyawan secara berkesinambungan.
Pada level tertentu dimana kondisi di atas sudah mampu tercipta dalam suatu perusahaan maka kinerja individu perusahaan menjadi cerminan bagi kinerja perusahaan. Terdapat banyak tantangan dalam menciptakan situasi kondusif bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerjanya dan pengembangan karyawan merupakan salah satu hal yang patut dilakukan. Perusahaan yang menghendaki kinerja yang optimal dibutuhkan pula konsistensi dari manajemen mengenai pengelolaan karyawan yang baik dan proporsional serta menciptakan hubungan kerja yang efektif.
Melalui berbagai kegiatan pengembangan dan pelatihan, kompetensi karyawan akan lebih optimal dan dapat membantu perusahaan untuk memiliki karyawan yang kompeten dan handal dalam bekerja guna meningkatkan kinerja perusahaan melalui penjabaran serta operasionalisasi visi dan misi perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar